Pages

Senin, 22 Juni 2015

4 Cara Memilih Kelapa untuk Sajikan Resep Soto Menggoda Selera



Ada beberapa orang yang lebih tertarik membuat resep soto yang menggunakan santan sebagai kuahnya. Soto yang berkuah santan memang akan memiliki tampilan yang lebih menggoda, sebab warna kuah dan teksturnya yang kental memanjakan mata. Menyajikan soto berkuah santan yang lezat dan tampilannya sempurna tentu tidak terlepas dari pemilihan kelapa yang tepat. Tidak semua kelapa yang dijual di pasar cocok untuk diambil santannya.

Membantu cara membuat soto berkuah santan yang kental dan sempurna, maka berikut tips memilih kelapa yang tepat agar menghasilkan santan sesuai dengan selera:

1. Ada baiknya menanyakan kepada penjual untuk memilihkan kelapa yang sudah tua, sebab kelapa tua santan yang dihasilkan lebih banyak.

2. Kelapa tua bisa dilihat secara fisik, yakni dari warna batoknya yang berwarna coklat dan sabut di sekitar batok sudah menipis.

3. Kocok kelapa yang akan dipilih, apabila ada banyak air di dalamnya maka menandakan kelapa tersebut sudah tua usianya.

4. Apabila diketok berbunyi nyaring.

Kelapa yang sudah cukup tua akan menghasilkan parutan yang lebih banyak dan tipis, apabila diperas akan menghasilkan santan berlimpah. Sehingga satu butir kelapa bisa digunakan untuk menyajikan satu panci besar sajian soto. Atau ketika ingin mendapatkan santan kental maka kualitas kelapa yang sudah tua akan semakin terjamin kentalnya. Sehingga resep soto yang dibuat akan tampil memikat dan dengan rasa yang sedap.

0 komentar:

Posting Komentar