Pages

Minggu, 13 Juli 2014

keuntungan dan kekurangan susu bubuk


Susu merupakan nutrisi penting sebagi bagian dari makanan empat sehat lima sempurna. Di dalam susu sapi segar terkandung banyak zat gizi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Meskipun demikian susu sapi segar memiliki kekurangan yaitu tidak dapat disimpan lama serta mudah terkontaminasi bakteri. Sehingga pada perkembangannya susu sapi cair diubah bentuknya menjadi bentuk padat yang dikenal dengan susu kering atau komposisi susu  bubuk.

Susu bubuk dibuat dari susu sapi cair yang kemudian dikeringkan dengan cara dipanaskan, supaya kadar airnya menjadi hilang. Keuntungan dari susu bubuk ini dapat disimpan lebih lama dari susu cair. Selain itu lebih aman dari kontaminasi bakteri. Namun meskipun demikian susu bubuk memiliki kekurangan, diantaranya nilai gizi yang berkurang akibat  proses pemanasan  yang dilakukan untuk mengubah susu cair menjadi komposisi susu bubuk.
Meskipun sebagian orang ada yang intoleransi terhadap susu, namun dewasa ini perkembangan produk susu semakin meningkat. Hal ini terbukti dengan banyaknya produk susu yang beredar di pasaran, khususnya susu bubuk  dengan manfaat yang berbeda bagi kesehatan. Seperti susu formula bayi, susu pertumbuhan, susu untuk kesehatan tulang, susu rendah lemak, susu rendah gula, dan lain-lain.
Produk susu bubuk pun semakin bervariasi dalam rasa, bagi yang tidak menyukai rasa original susu, susu bubuk banyak diberi rasa seperti vanila, coklat, strawberry, plain, mangga, dan mocca. Sehingga konsumen dapat tetap menikmati manfaat susu sesuai seleranya.


0 komentar:

Posting Komentar