Pages

Selasa, 16 April 2013

Agar Gorengan Tidak Berminyak


Gorengan merupakan salah satu jenis makanan kegemaran orang Indonesia yang banyak memanfaatkan bahan masakan Indonesia. ada banyak macam gorengan yang bisa kita temui, seperti tempe medoan, bakwan, lumpia, singkong goreng, atau berbagai macam gorengan lainnya. Salah satu kelemahan dari gorengan adalah kolesterol yang tinggi. Padahal, kolesterol pada gorengan sebagian besar berasal dari minyak. Karenanya, meminimalisasi minyak pada gorengan dirasa perlu untuk menurunkan kadar kolesterol pada gorengan. Berikut ini adalah beberapa tips agar gorengan tidak terlalu berminyak.


Perbandingan Tepung Terigu dan Tepung Beras 
Gorengan sebagai bahan masakan Indonesia memang menyenangkan untuk dinikmati. Namun, jika mengandung terlalu banyak minyak tentu kurang enak. Ketika memakan gorengan yang banyak minyaknya, tentu kita akan merasa kurang nyaman karena minyak yang berlebih tidak enak di mulut dan tidak nyaman di tenggorokan. Selain itu, gorengan yang memiliki terlalu banyak minyak lengket di tangan. Untuk menyisatinya, kita bisa mengakalinya dengan menggunakan perbandingan teung terigu dan tepung beras yang tepat. Perbandingan yang tepat adalah 2-1. Dua untuk tepung terigu dan satu untuk tepung beras. Penggunaan tepung beras akan bermanfaat untuk menjadikan gorengan terasa lebih garing.

Tips Saat Menggoreng dan Meniriskan 
Saat akan menggoreng, pastikan minyak sudah panas. Masukkan gorengan pada wajan yang besar. pastikan gorengan benar-benar tercelup dalam minyak panas atau Anda bisa sedikit menyiram-nyiramkan minyak pada bagian yang tidak tertutup minyak. Setelah matang, angkat gorengan. Jangan langsung disajikan . Untuk lebih meminimalisasi minyak, letakkan dulu di atas piring yang sudah dilapisi dengan tisu atau kertas biasa. Minyak akan menempel pada tisu dan Anda akan mendapatkan gorengan renyah dengan minyak yang sangat sedikit.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Spinner sangat membantu bagi pelaku usaha olahan makanan gorengan seperti kripik buah, kripik umbi-umbian, kripik pisang, kripik tahu, kripik tempe, abon dan lain-lain.

Kandungan minyak yang tinggi dari makanan yang digoreng tersebut menjadi kendala tersendiri bagi pelaku usaha makanan, sehingga makanan tersebut cepat tengik dan otomatis tidak layak untuk dikonsumsi. Hal ini seringkali terjadi pada makanan yang dimasak dengan temperatur tinggi atau penggunaan minyak goreng yang digunakan berulang - ulang.

Manfaat spinner (peniris minyak)
1. Mengurangi kadar minyak pada makanan gorengan
2. Dapat juga digunakan untuk mengurangi kadar air pada produk tertentu, misal : bahan baku yang dicuci dan ingin cepat kering
3. Dapat meningkatkan kualitas produk makanan lebih tahan lama (tidak cepat tengik)
4. Baik untuk kesehatan yaitu menurunkan kolestrol dalam darah akibat dari makanan yang goreng tersebut.



recomended http://www.indahmesin.com/produk-mesin/spinner

Posting Komentar