Pages

Senin, 04 Maret 2013

Segarnya Es Teh dan Efek Sampingnya


Kesegaran yang begitu menggoda dari segelas es teh menjadikannya salah satu minuman terfavorit baik di rumah makan ataupun restoran ternama. Minuman ini sebenarnya jauh lebih bermanfaat daripada minuman dengan kandungan soda. Hal ini dikarenakan teh kaya akan kandungan antioksidan yang bisa menjaga kesehatan Anda. Namun, minum teh dingin pun ternyata memberikan efek samping pada kesehatan pula.
Hal ini sering terjadi pada teh yang telah dijual dalam kemasan ataupun botol, karena nilai gizinya lebih sedikit dibandungkan dengan teh yang diseduh. Disamping itu kandungan kalorinya jauh lebih tinggi sekitar 82 hingga 88 kalori, sedangkan teh yang diseduh hampir tidak memiliki kalori sama sekali. Manfaat es teh untuk tubuh pun jauh lebih sedikit dari teh yang diseduh hangat. Oleh karena itu bila Anda meminum teh dengan tujuan kesehatan, ada baiknya untuk mengkonsumsinya dengan air hangat. Selain itu, Mengkonsumsi es teh bisa memberi Anda manfaat sehat bila dikonsumsi sewajarnya atau tidak berlebihan.

Tahukah Anda? Penyakit batu ginjal dapat dipicu dengan kebiasaan minum teh yang ditambahkan es. Banyaknya kandungan oksalat pada es bisa menumpuk pada ginjal. Apalagi bila tubuh Anda tidak mampu mencerna kandungan tersebut saat jumlah sudah berlebihan, resiko batu ginjal pun akan semakin besar. Bila teh terlalu pekat, masalah kesehatan lain pun dapat muncul seperti sembelit atau konstipasi. Hal ini dikarenakan teh yang terlalu pahit dan pekat bisa mengatasi diare, namun bila diminum secara berlebih akan membuat Anda susah buang air besar. Maka dari itu bila Anda memutuskan membuat es teh sendiri, pastikan tidak menyeduhnya terlalu lama. Menyeduh teh yang baik ialah tidak lebih dari 3 menit untuk mencegah teh terasa terlalu pahit ataupun pekat.



Sources:
http://health.detik.com/read/2011/10/27/120132/1753778/766/untung-rugi-minum-es-teh-bagi-kesehatan
http://health.kompas.com/read/2011/01/13/14104410/Efek.Samping.Minum.Teh.Pekat

0 komentar:

Posting Komentar