Pages

Selasa, 12 Maret 2013

Cerita Dan Sejarah Dibalik Nasi Goreng Yang lezat


Siapa sih orang Indonesia yang tidak kenal dan belum pernah mencoba nasi goreng? Masakan yang sangat terkenal ini ternyata menyimpan cerita dan sejarah dibalik rasanya yang lezat. Sejarah nasi goreng ternyata sudah dimulai dari tahun 4000 SM di China. Nasi goreng disebar keseluruh penjuru Asia, termasuk Indonesia melalui perantara pedagang-pedagang Tiongha. Lalu mereka menyesuakian resep nasi goreng dengan bahan lokal yang ada di negara tersebut.

Setelah nasi goreng diperkenalkan di Indonesia pada sekitar abad ke 17, masakan ini langsung popular diantara kalangan kompeni Belanda. Para ibu-ibu yang bekerja sebaga juru masak kalangan kompeni Belanda itu juga menambahkan varias-variasi dan rasa baru untuk nasi goreng yang disajikan tersebut. Alhasil, nasi goreng tradisional ala Indonesia atau yang lebih disebut Nasi Goreng Kampung itu menjadi terkenal dan sudah bisa dinikmati seluruh masyarakat Indonesia hingga sekarang. Nasi Goreng Kampung umumnya menggunakan bumbu dasar sambel uleg atau sambel terasi dan kecap. lalu disajikan dengan telur mata sapi dan acar.
Kini Anda dapat menemukan berbagai variasi nasi goreng dengan aneka isian seperti sosis, bakso, kornet, hingga seafood. Bumbu nasi goreng yang bisa Anda gunakan kini bukan hanya sambel terasi uleg saja, tapi juga dengan bumbu seafood, bumbu kare kuning, dan bahkan bumbu kecap asin. Anda juga bisa menggunakan bumbu rendang bahkan bumbu barbeque sebagai variasi rasa nasi goreng yang lebih unik, lho. 

0 komentar:

Posting Komentar