Pages

Senin, 30 September 2013

ORANG NTT SUKA MAKANAN PEDAS


Masakan Indonesia indentik dengan pedasnya. Hal ini tidak bisa dipungkiri lagi jika orang Indonesia suka makan cabe. Mingkin agak berlebihan jika saya mengatakan demikian tapi hal ini bisa  dibuktikan. Di beberapa daerah seperi kawasan indonesia bagian timur cabe biasa disebut lombok atau rica untuk daerah maluku utara. Ada dua jenis utama cabe yakni cabe besar dan cabai kecil yang biasa disebut masakan. Cabe biasa dimasukan kedalam makanan pada saat di masak. Masakan pedas banyak kita jumpai dari kawasan paling barat indonesia sampai kawasan paling timur Indonesia, dalam hal ini yang akan dibahas adalah masakan khas NTT


Cirri Khas Makanan NTT
Untuk daerah NTT ada jenis cabe yang super pedas bahkan lebih pedas dari cabe di pulau jawa. Oleh karena itu tidak heran rata-rata makanan daerah NTT memang pedas. Banyak wiasatawan yang tertarik untuk mencoba keanekaragaman masakan dan makanan dari NTT akan tetapi masing-masing daerah jarang menampilkan jenis masakannya ke public sehingga banyak dari jenis masakan daerah NTT yang tidak diketahui. Berikut saya akan menapilkan beberapa jenis maskan NTT.

Jenis Makanan NTT
Pertama kita kan mengenal sambal lu’at. Dari namanya kita sudah bisa membayangkan bagaimana  rasanya. Sambal ini terbuat dari campuran masakan, asam dan irisan daun kemangi sehingga tidak heran jika sambal ini mengelurakan aroma wangi. Sambal ini biasanya di makan dengan irisan daging sapi yang diasapkan yang oleh masyarakat local bisa disebut se’i.
jenis masakan berikut adalah dendeng sapi. Jenis makanan ini jelas berbahan dasar daging sapi. Proses pengolahan hampir sama dengan proses pegolahan se’i akan tetapi diolah dengan cara dikeringkan menggunakan panas matahari hingga kering dan keras seperti kayu. Proses pengolahanya biasanya di goreng dengan sambal tomat yang tentunya berbahan dasar tomat dan cabe yang super pedas.



0 komentar:

Posting Komentar