Pages

Selasa, 29 Oktober 2013

Otak Butuh Tambahan Energi dan Tambahan Performa

Tubuh merupakan pemberian Tuhan yang patut kita jaga. Salah satu bagian tubuh yang sangat vital bagi sistem kerja manusia adalah otak. Otak yang mengatur semua gerak fisik dan psikis dari seorang manusia. Asupan kebutuhan dari luar sangat mendukung  untu perlindungan dan diberikan nutrisi. Nutrisi bisa didapatkan dari makanan sehat yang kita konsumsi sehari-hari.
Karbohidrat untuk energi otak
Makanan sehat yang mengandung karbohidrat sehat dan cepat untuk dicerna dan menghasilkan glukosa bisa didapatkan dari jenis makanan tepung gandum, oatmeal, dan jerawut.
Untuk orang Indonesia tetapi lebih sering mendapatkan asupan karbohidrat dari nasi dan roti-rotian yang bersal dari padi-padian. Sumber nutrisi karbohidrat lainnya juga bisa didapatkan dari biskuit dan sereal. Berdasarkan informasi yang didapat dari “Advanced Nutrion and Human Metabolism”, menyebutkan bahwa glukosa adalah bahan bakar utama otak. Untuk kecukupan karbohidrat sehingga cukup menyediakan glukosa dibutuhkan 100 gram karbohidrat yang dimakan setiap harinya.
Lemak Ikan untuk performa otak
Berdasarkan informasi yang didapatkan dari “Biochemical, Physiological and Molecular Aspect of Human Nutrion” bahwa asam omega 3 yang terdapat pada lemak ikan penting dalam pembentukan mielin. Mielin ini merupakan lapisan pelindung saraf yang memungkinkan aliran cepat impuls otak. Selain itu juga berperan dalam perilaku dan kecerdasan sehingga orang-orang yang kekurangan omega 3 berpotensi untuk mengalami gangguan depresi dan disleksia.
Makanan yang mengandung protein tinggi ini bisa didapat dari ikan berlemak seperti salmon, makarel, tuna, herring, dan sardin. Nutrisi lain yang dikandung dari lemak ikan adalah vitamin B, kalsium, dan asam lemak. Asam lemak omega 3 inilah yang sangat penting untuk otak seperti yangsudah dijelaskan sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar